Sunday, February 14, 2010

Cara Membuat Rumus di Microsoft Word

Pernahkan anda merasa kebingungan saat akan mengetik sebuah rumus matematika pada Microsoft Word..? untuk membuat rumus yang komplek sangatlah susah jika dilakukan dengan manual. Padahal Microsoft sendiri sudah menyediakan fasilitas untuk pembuatan rumus-rumus itu yaitu dengan menggunakan Microsoft equation editor

Sekarang pertanyaannya dimana letak Microsoft equation editor tersebut….? Biasanya ketika menginstall Microsoft Office secara default tidak disertakan komponen Microsoft equation editor tersebut. Nah untuk mengaktifkannya, kita harus menambahkan komponen itu terlebih dahulu. Caranya..? gampang…
disini penulis menggunakan MS. Office 2003

masuk ke start > Control Panel
setelah itu masuk ke Add or Remove Programs



setelah masuk, cari Microsoft office terus klick change



Pilih Add/Remove Feature atau option paling atas



Centang pilihan Choose Advance Costumization of Aplications



Pada Office Tools Pilih Equation Editor



Setelah itu Klick Update…. Selesei deh.. gampang kan..?

Nah.. Sekarang masuk ke Microsoft Word…, hasilnya.. JRENG….!!! Gak ada apa-apa, masih tetap kaya tadi… he..he… sabar..sabar…, disini kita harus memunculkan Equation editor yang udah kita install tadi, caranya :

Masuk ke menu Tools > Customize, kemudian klick Tab Commands. Setelah itu pada Categories Klick Insert, lihat gambar



Pada Kotak sebelah kanan (Commands) cari Equation Editor. Setelah ketemu, Klick Tahan dan Drag ke Samping Menu Help, atau kemana aja bebas.. Lihat Gambar



Selesei Deh…., Gampang sekali bukan.., selamat mencoba..

Membuat Text Menjadi Tabel

Bagi anda yang biasa bekerja menggunakan MS Word tentu telah tahu cara membuat tabel dengan menggunakan tab Table-Insert-Table. Cara tersebut adalah cara yang banyak digunakan. Tapi sebenarnya ada cara lain membuat tabel dengan menggunakan tab Table-Convert-Text to table. Dengan cara ini anda tidak perlu membuat tabel dengan menentukan jumlah kolom dan baris terlebih dahulu, anda mengetik terlebih dahulu isian yang akan di buat menjadi tabel dengan menggunakan karakter tertentu sebagai pemisah.
Berikut contoh penggunaannya. Kita akan membuat tabel Mahasiswa yang isinya nomor, nama, NIM, alamat :

1. Buka dokumen baru pada MS Word.

2. Ketikkan isian table yang akan dibuat dengan menggunakan karakter tanda , (koma) sebagai pemisah. Anda bisa juga menggunakan karakter lain. Contoh:

Nomor, Nama, NIM, Alamat
1, Adi, 011, Jakarta
2, Ida, 012, Bandung
3, Udin, 013, Solo

3. Kemudian blok seluruh tulisan. Pilih tab Table, pilih convert, pilih text to table.

4. Isikan angka 4 pada kotak isian number of columns (jumlah kolom yang akan dibuat). Pilih other pilihan Separate text at dan isikan tanda koma pada kotaknya. Klik OK.

How To: Membuat dan Mempublikasikan Blog Post pada Microsoft Word 2010 & 2007

Jika Kita ingin lebih mudah dalam membuat dan mempublikasikan posting blog(Blogpost) dengan utilitas pengeditan di Microsoft Word, Kali ini akan ditunjukkan bagaimana kualitas yang akan kita dapat dari membuat blogpost di Microsoft Word 2010 & 2007.



Pengaturan Blog Account

Buka Microsoft Word 2010 dan klik pada tab File untuk mengakses Backstage View. Klik pada New kemudian klik ganda Blog post.



Kita akan disajikan dengan pilihan untuk mendaftarkan akun blog Kita, mencari layanan blog yang kompatibel, atau Register Later.



Ketika Kita mendaftarkan blog Kita, pilih penyedia layanan blog dari menu dropdown.



Selanjutnya masukkan URL blog, User Name, dan Password.



Membuat dan mempublikasikan Blog Post di Word 2010


Membuat posting blog atau blogpost di Word 2010 mungkin sama seperti di Office 2007, tapi sekarang ada fitur tambahan di Word 2010. Fitur ini antara lain adalah kemampuan mengambil screenshot dan menempatkan mereka secara langsung ke dalam posting Kita. Untuk mempelajari bagaimana fitur Screenshot word 2010 bekerja akan dibahas di posting selanjutnya.



Setelah Kita siap untuk mempublikasikan posting Kita, kita hanya perlu menekan tombol Publish di bawah tab Blog Post.



Sebuah layar konfirmasi akan muncul saat Word menghubungi layanan.



logpost di Word 2007


Yap, Kita juga dapat membuat dan mempublikasikan blogpost di Microsoft Word 2007, hanya saja sayangnya Word 2007 tidak meiliki fitur new editing yang sudah dimasukkan dalam Word 2010.



Word 2007 dan 2010 telah hadir selama beberapa tahun, dan menyertakan banyak utilitas pembuatan dokumen yang sangat bervariasi dan mengagumkan. Jika Kita sudah menggunakan Microsoft Word untuk pembuatan dokumen, sekarang Kita juga dapat membuat dan mempublikasikan posting di blog Kita, tanpa harus meng-install software dan mempelajarinya. Perlu diingat bahwa Microsoft Office 2010 Beta tersedia untuk dapat di-download dan digunakan pada saat penulisan blogpost ini.


Download Office 2010 Beta [Source HowtoGeek]

Tips Bikin Blog di Microsoft Word

Salah satu penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis adalah Blogger. Situs Web yang telah diambil alih oleh Google ini dapat diakses di alamat www.blogger.com. Di situ, Anda tinggal mendaftar. Seselainya pendaftaran, Anda bisa langsung membuat blog, bikin tulisan, dan “menerbitkannya”.

Untuk pendaftaran, Anda memang harus online. Akan tetapi, untuk menulis Anda tidak perlu online supaya bisa menghemat biaya ber-Internet. Cara yang paling sederhana adalah dengan menulis blog dulu di penyunting teks, seperti Notepad atau Microsoft Word, secara offline. Kalau sudah selesai, baru online, kemudian buka situs Web layanan blog, login, lalu copy-paste hasil tulisan yang ada di penyunting teks.



Kita sebut cara yang barusan disebut adalah cara manual. Cara yang akan dijelaskan berikutnya kita sebut dengan cara otomatis. Tulisan tetap dibuat secara offline. Online-nya baru nanti, setelah tulisan selesai dibuat. Cara otomatis ini menggunakan Microsoft Word. Tapi, bukan sebarang Microsoft Word, melainkan Microsoft Word yang sudah dilengkapi dengan add-on bernama Blogger For Word. Aplikasi tambahan gratisan itu bisa didapat dari http://buzz.blogger.com/bloggerforword.html. Ukuran paket instalasinya kecil, cuma 2MB.

Cara pemakaiannya bisa diringkas seperti ini. Setelah Blogger For Word di-install, toolbar Blogger akan muncul pada Microsot Word. Kemudian, tuliskan isi blog seperti biasa, tetapi jangan online dulu, offline saja. Kalau tulisan sudah selesai, nyalakan koneksi Intenet, lalu publish deh.

Nah, cara detailnya seperti ini. Oh ya, pakai Word 2007 untuk artikel ini. Di versi lama mungkin berbeda, tetapi sedikit saja.

1. Klik [Add-Ins] pada menu di sebelah atas. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home], [Insert], [Page Layout], dan lain-lain.

2. Klik [Blogger Settings], kemudian pada kotak yang muncul, masukkan username dan password untuk masuk ke Blogger. Klik [OK].

3. Ketikkan isi blog di dalam Word. Kalau sudah selesai, online-lah. Kemudian, klik [Publish].

4. Masukkan judul blog dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu. Klik [Send]. Selesai.

Selamat Mencoba...

Membuat Password Pada Dokumen Microsoft Word

Jika kita mempunyai dokumen penting (pada Micorosoft Word misalnya) maka sudah seharusnya kita mengetahui bagaimana cara membuat password pada Microsoft Word, karena salah satu cara memberi perlindungan terhadap sebuah dokumen adalah dengan memberi PIN atau password. Jangan sampai dokumen penting anda disalah-gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Apalagi jika komputer kita dipakai oleh banyak orang, sementara kita tidak ingin dokumen kita dilihat oleh orang lain, maka pembuatan password sangat dianjurkan.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

•Buka dokumen kita yang akan diberi password, kemudian klik menu Tools lalu pilih Options
•Klik tab Security.
•Isikan password kita pada kotak yang pertama (kotak disamping tulisan Password to open). Jika sudah klik tombol OK
•Akan muncul kotak konfirmasi password. Tulis kembali password yang telah kita buat tadi, lalu klik tombol OK
•Simpan dokumen dengan mengklik menu File lalu pilih Save
Dengan demikian jika hendak membuka dokumen tersebut maka harus memasukkan password yang telah kita atur tadi terlebih dahulu. Untuk mengetahui bagaimana agar password kita selalu aman dan tidak mudah dijebol orang, lihat artikel Tips membuat password yang bagus dan aman

Semoga bermanfaat.

Recovery File MS Word

Deal all..baru saja menemukan artikel menarik dari PC plus mengenai Text Recovery Converter.

Text Recovery Converter merupakan fasilitas tambahan yang ada di MS Word untuk membuka dan memperbaiki file-file yang rusak. Sayangnya, fasilitas ini tidak diinstal secara otomatis. Anda harus menginstalnya sendiri. Begini caranya.



1. Buka Control Panel. Klik ganda ikon “Add and Remove Program”.
2. Pada kotak dialog Add and Remove Program, cari program MS Office yang terinstall, misalnya Microsoft Office Professional Edition 2007.
3. Klik tombol “Change”.
4. Pilih “Add and Remove Feature”, lalu klik “Next”,
5. Pada kotak dialog “Microsoft Office Setup”, beri tanda centang pada pilihan “Choose Advanced Customization of Applications”, dilanjutkan dengan mengklik “Next”.
6. Pada daftar fitur yang ada, cari “Converters and Filters”, lalu klik tanda “+”.
7. Pilih “Text Converters” dan beri pilihan “Run from My Computer”.
8. Klik “Update”.

Setelah Text Recovery Converter terinstal, Anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk membuka file yang rusak. Caranya? Ini dia.
1. Buka program MS Word, lalu klik “File > Open…”.
2. Pilih file dokumen yang rusak tersebut.
3. Klik panah kecil yang ada di sisi kanan tombol “Open”.
4. Pada menu drop down yang terbuka, pilih “Open and Repair”.

Cek kembali file yang kemudian terbuka. Memang, tidak semua teks bisa di-recovery, tapi setidaknya Anda tidak perlu lagi menulis ulang seluruh naskah yang telah dibuat.


Note : Tampilan bisa berbeda dalam tiap versi ms office ( Saya sendiri mencoba dengan menggunakan MS Office 2007 )


Sumber: PCplus

Crop Image di MS Word

Dear all..nemu artikel menarik lagi di PC Plus.
Walau sebagian besar user sudah familiar dengan fungsi crop, tidak ada salahnya saya posting lagi. Siapa tau bisa bermanfaat. So..what do you waiting for?? Check this out..

Bayangkan kalau Anda punya dokumen yang berisi gambar di tengah-tengah dokumen. Lalu, untuk membuat dokumen lebih rapi, Anda hendak memotong gambar itu.



Untuk memotong gambar di Microsoft Word, ada dua cara. Kita bisa mengambil gambar dari dokumen tersebut, lalu menyuntingnya dengan aplikasi pengolah gambar. Itu cara pertama. Cara kedua adalah sunting langsung di Microsoft Word.

Misalnya, Anda hanya membutuhkan tampilan Standard toolbar, dari hasil tangkapan layar (print screen) yang sudah Anda lakukan. Proses pemotongan (crop) dapat dilakukan dengan langkah berikut.
1. Paste hasil print screen Anda.
2. Klik gambar yang dimaksud.
3. Secara default begitu Anda klik gambar hasil print screen tersebut, toolbar Picture akan aktif.
4. Klik pada ikon Crop di sebelah kiri ikon Line style.
5. Klik, lalu seret sudut atau pada kotak putih kecil pada gambar yang dimaksud.
6. Tentukan sesuai ukuran yang Anda kehendaki.

sumber PCPlus

How to Change PDF Format to Word Document

Many ways to convert PDF files into Microsoft Word files. File extension of the most widely and most commonly used for a website is a PDF file. Including files often we downloaded from various websites and blogs. In a website to create any documents the most easiest to use is PDF files, but often a person after downloading the PDF files difficult to change or edit it, that’s why I will give some useful tips for you.

There are many ways to change the PDF format into Ms Word format, but I’ll give 3 ways I think most easily : by using Microsft Word itself or using the software PDF to Word Converter and the last one is Online PDF to Word Contverter

Using Microsoft Office 2007 (Microsoft Word 2007)

To change into MS Word Document using Microsoft Office 2007 (Ms. Word 2007) using ‘import files‘, the first step you have to do is select “File” menu located on the top bar and scroll down your mouse then select “import“, choose which file will be made microsoft word document, edit the file and save it in the folder you want.
Using PDF to Word Converter Software

This software serves as a ‘converter’ or changing a files, you can convert many files to whatever you want, but now we just need a modifier PDF to Word format, I don’t give this software as a whole, but provide guidance for you how to download converter software. This is a premium software applications, but you can use the trial version which still has the same function with the original. Download it here Using Online PDF to Word Converter

You can use this free online converter but you must enter your email address to receive converted files, 4 steps that must be done using this method.
Select files or URL to convert
Choose the file format to convert
Enter your email address to receive converted files
Click ‘convert’, done
To choose this method please click here , hopefully useful.

Tips MS Word

Membuat page border
1.Dari menu Format, pilih Border and Shading.2.Pindah ke tab Page Border.3.Pilih border yang sesuai pada listbox Art.4.Klik OK.Membuat background
1.Dari menu Format, pilih Background - Fill Effects.2.Pindah ke tab Texture.3.Anda bisa memilih dari berbagai Texture yang telah disediakan oleh MS Word. Bila Anda ingin menggunakan image atau gambar Anda sendiri klik Other Texture.4.Klik OK.
Menampilkan screen tips

Screen tips merupakan tulisan yang muncul saat pointer mouse diletakkan di atas icon pada toolbar. Dengan menampilkan screen tips tersebut Anda dapat melihat shortcut untuk icon tertentu sehingga nantinya Anda dapat bekerja lebih efisien dengan bantuan shortcut tersebut.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.Klik menu Tools - Customize.
2.Pindah ke tab Options.
3.Beri tanda check pada Show screen tips on toolar.
4.Klik OK. Mengganti ukuran dalam centimeter
Secara default ukuran panjang dan lebar document pada MS Word adalah dalam Inches. Anda bisa menggantinya dengan ukuran centimeter atau yang lainnya sesuai keinginan Anda. Caranya sbb :
1. Klik menu Tools - Options.
2. Pindah ke tab General.
3. Pada measurement units Anda tinggal pilih sesuai yang Anda sukai (entimeter, inches, points, picas).
4. Klik OK.

Tips Membuat Simbol Copyright, Register atau Trademark di Microsoft Word

Bagaimana tips untuk membuat simbol “copyright”, “register” atau “trademark” di Microsoft Word dengan cara mudah dan singkat?

Cara pertama dengan menggunakan fungsi Symbol dari menu Insert di Microsoft Word. Namun cara yang lebih mudah adalah menggunakan shortcut yang adalah cara singkat untuk mengaktifkan suatu menu. Apa saja shortcut untuk membuat simbol-simbol seperti ©, ® atau TM di Microsoft Word?:

•Untuk membuat simbol Copyright seperti berikut ©, shortcut yang digunakan adalah:
[Ctrl] + [Alt] + [C]
•Untuk membuat simbol Register seperti berikut ®, shortcut yang digunakan adalah:
[Ctrl] + [Alt] + [R]
•Untuk membuat simbol Trademark seperti berikut TM, shortcut yang digunakan adalah:
[Ctrl] + [Alt] + [T]
Selamat mencoba tips tersebut untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan Anda.

Shortcut Keyboard Ms.Word

Seperti yang artikel yang terdahulu yaitu tentang Shortcut General Keyboard maka dari itu saya ingin memberitahukan tentang Shortcut Keyboar Ms.Word yang mana saya yakin masih banyak orang yang tidak mengetahuinya,, Jika ada sobat yang tahu pasti tidak hafal semua
shortcutnya yang ada sekitar 30 ini kan ?? Namun sobat sekalian jangan terlalu pesimis karena sekarang sudah dapat menghafal dengan cara mengcopy tulisan saya ini lalu di Print dan letakan di Kamar sobat..


TRL and A Selects all in the current document.
CTRL and B Bold text.
CTRL and C Copies the item or text to the Clipboard and can be pasted using CTRL and V.
CTRL and D Displays the Font dialogue box.
CTRL and E Centre Alignment.
CTRL and F Displays the Find dialog box, to search the current document.
CTRL and G Displays the Go to dialog box, to go to a specific location in the current document.
CTRL and H Displays the Replace dialogue box.
CTRL and I Italic text.
CTRL and J Full Justification.
CTRL and K Create Hyperlink
CTRL and L Left Alignment
CTRL and M Tab
CTRL and N Creates a new document.
CTRL and O Displays the Open File dialogue box.
CTRL and P Displays the Print dialog box.
CTRL and R Right Alignment.
CTRL and S Displays the Save dialog box.
CTRL and U Underline text
CTRL and V Pastes the copied item or text from the Clipboard into the current position in the document.
CTRL and X Cuts the item or text selected to the Clipboard.
CTRL and Y Redo the last undone action.
CTRL and Z Undoes the last action.
CTRL and ENTER Insert Page Break.
CTRL and F2 Show Print preview.
CTRL and F4 Closes the active document window.
CTRL and F6 Opens the next document window.

Keyboard Shortcuts Result in Microsoft Word
F1 key Get help or use the Office assistant.
SHIFT and F1 Key Context sensitive help.
F2 Key Move text or image.
SHIFT and F2 Key Copy Text.
F3 Key Insert an autotext entry.
SHIFT and F3 Key Change the case of the selected text.
F4 Key Perform last action again.
SHIFT and F4 Key Perform a Find or Go to action again.
F5 Key Displays the Go to dialogue box, from here you can also Find and Replace.
SHIFT and F5 Key Move to a previous revision.
F6 Key Go to the next frame or pane.
SHIFT and F6 Key Go to the previous frame or pane.
F7 Key Launch the Spell checker.
SHIFT and F7 Key Launch the Thesaurus.
F8 Key Extend the current selection.
SHIFT and F8 Key Shrink the current selection.
F9 Key Update the selected fields.
SHIFT and F9 Key Switch between a field code and it's result.
F10 Key Activate the menu bar.
SHIFT and F10 Key Display a Shortcut Menu. Same as right clicking.
F11 Key Go to the next field.
SHIFT and F11 Key Go to the previous field.
F12 Key Save file As, equivalent to tools menu.
SHIFT and F12 Key Save document, equivalent to tools menu
Setelah sobat baca baca apakah bisa menghafalnya ??? Kalau saya sih tidak hafal paling shortcut yang mudah mudah saja seperti CTRL + B...Bagaimana dengan sobat, apakh hafal semunya atau hanya hafal sedikit sama seperti saya..

Tips Mendisain Layout Buku dalam MS Word

Laporan tentang kegiatan sekolah, kegiatan belajar mengajar maupun materi bahan ajar biasanya disusun dalam format biasa. Agar tampil beda, kita dapat menyusunya dalam bentuk format buku. Format ini juga dapat kita gunakan untuk menyusun karya tulis ilmiah dalam bentuk buku maupun membuat buku saku. Berikut Tips pembuatannya.
1.Buka file baru atau file yang akan kita atur menjadi bentuk buku;

2.Pilih menu page layout dan sub menu page setup:



3.Pada menu Page Setup, pada pilihan multiple pages pilih bentuk book foold lalu pilih OK



4.Sekarang kita sudah siap membuat tulisan dalam bentuk buku;

5.Atur marginnya minimal masing-masing menjadi 1 sentimeter.

6.Pada saat pencetakan/ print agar kita dapat menggunakan kertas bolak balik lakukan penyesuaian pada printernya (print properties).



7.Cara pengaturan pada setiap printer agak berbeda isitilah yang digunakan biasanya double side printing, print on both side, Two side printing. Contohnya saya menggunakan printer HP Deskjet seri 3740, pilih print on both side nya menjadi manually, lalu ok dan lanjutkan ok untuk mulai ngeprint/ pencetakan.



8.Sebelum melakuan pencetakan sebaiknya jumlah kertas disiapkan pada paper feeder sesuai dengan kebutuhan untuk mencetak;

9.Setelah selesai mencetak satu sisi, secara otomatis printer akan meminta untuk membalikan kertas;

10.Ambil kertas yang sudah ada hasil cetakan pada sisi sebelah dan masukan ke paper feeder (muka sisi yang kosong harus pada area pencetakan, Sebaiknya lakukan uji coba dulu untuk naskah yang hanya membutuhkan satu lembar kertas terlebih dahulu).

11.Setiap judul bab sebaiknya berada pada halaman yang ganjil.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Mengubah Bentuk Foto

Membuat karya publikasi sederhana tidak melulu harus menggunakan peranti lunak khusus yang harganya mahal seperti Photoshop. Publikasi sederhana biasanya cuma berisi sisipan gambar berupa clip art.

Bagaimana jika Anda ingin menampilkan gambar atau foto selain clip art pada puisi Anda, namun foto itu ingin terlihat menarik bukan hanya berbentuk kotak? Anda dapat membentuk foto Anda dengan bentuk-bentuk menarik yang ada pada tombol AutoShapes.

Caranya sebagai berikut:

1.Klik tombol [Auto Shapes] yang terletak di bagian bawah jendela Microsoft Word.
2.Pilih bentuk yang Anda inginkan, misalnya bentuk jantung hati.
3.Setelah itu klik gambar AutoShapes tadi, lalu klik tab [Format] > [Background] > [Fill effect].
4.Pada “Fill effect” pilih tab [Picture] lalu pilih gambar yang akan Anda bentuk dengan mengklik [Select picture].

Tips Menggunakan Ms. word 2003

Mengenal Pogram Pengolah Kata (Ms. Word 2003)
PENDAHULUAN Ms. Word 2003 adalah salah satu software pengolahan kata dari Ms. Word 2003 dan pengembangan dari Microsoft Office terdahulu. Software ini merupakan program yang paling banyak dipakai saat ini dibanding program yang lainnya, seperti: Wordsta, AmiPro, WordPerfect, dll.
MENGAKTIFKAN MS.WORD
Cara mengaktifkan Ms. Word adalah sebagai berikut:- Klik Start- ALL Programs- Microsoft Office Word- Microsoft Office Word 2003

MENGENAL MENU DAN ICON
Dalam Microsoft Word 2003 ada beberapa menu, menu adalah suatu perintah yang di kelompokkkan dalam sub menu untuk menjalankan perintah system kerja dalam Aplikasi Komputer, sedangkan isi menu dalam microsoft Word diantaranya adalah :File,Edit,Viev,Insert,Format,Tools,Table,Window,Help).
Sedangkan Icon adalah Gambar atau simbol perintah untuk menjalankan system kerja pada Microsoft Word.

MENYIMPAN DOKUMEN
Setelah anda menyelesaikan tugas yang anda buat, sudah pasti anda harus menyimpannya dengan Cara sebagai brikut :- Klik File- Klik Save as- Setelah itu akan muncul kotak dialog (Window Save As)- Pada tombol pilihan Save in anda harus menentukan dimana anda ingin menyimpannya, misalnya anda ingin menyimpannya di : My Documents/My recent Documents/Dekstop/My Computer/My Network Places, itu terserah kita dimana file mau kta simpan,- setelah itu ketiklah nama file di File name (Misalnya : Latihan 1)- kemudian kliclah Command Save

MEMBUKA DOKUMEN
Jika anda ingin membuka dokumen yang pernah anda simpan, Lakukanlah langka-langkahnya sebagai berikut :
- Klik File pada Ms. Word
- Klik Open (Ctrl + O)
- Pada Look in, pilihlah tempat dimana anda menyimpan dokumen tersebut
- Kemudian pilih nama file yang akan dibuka- Klik Open
MENUTUP MS. WORD
Setelah anda sudah selesai membuat dokumen di Ms. Word, pastilah anda ingin menutupnya bukan ?Caranya adalah :
- Klik File
- Lalu Klik Exit

Tips dan Trik Microsoft Word Untuk mempermudahkan Pekerjaan

Memberi warna pada image (Pengirim : Enggar)
Ikuti langkah di bawah ini untuk memberi warna pada MS Word :
1. Klik menu Insert - picture - clipart.
2. Aktifkan gambar dengan cara mengklik gambar tersebut.
3. Klik kanan - pilih 'edit picture'.
4. Klik bagian dari gambar yang ingin diberi warna dengan memilih icon
'fill color'.
5. Bila ingin menghapus bagian-bagian tertentu dari gambar, pilih objeknya terlebih dahulu dan tekan tombol delete.
6. Klik 'close picture' bila telah selesai mengedit gambar.

Cropping image (Pengirim : Enggar)
1. Insert - picture - clipart.
2. Sebelumnya terlebih dahulu aktifkan toolbar Picture ( View - toolbar
- picture).
3. Aktifkan gambar dan pilih icon 'crop'.
4. Letakkan icon 'crop' di salah satu kotak pada frame.
5. Kkemudian drag untuk memotong di bagian gambar yang diinginkan

Menggulung dokumen dengan cepat
Pernahkah Anda mempunyai document yang panjang pada MS Word, yang terdiri dari puluhan halaman ? Apa yang Anda rasakan saat melakukan pengecekan document tersebut ? Kesulitan ! Ya, biasanya kita akan mengalami kesulitan saat melakukan pengecekan pada document tersebut, karena kita harus selalu menggerakkan mouse sekedar untuk menggulung (scrolling) document. Kesulitan ini bertambah jika mouse Anda tidak dilengkapi fasilitas scroll. Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya MS Word sudah menyediakan fasilitas Auto Scroll. Untuk menampilkan fasilitas tersebut caranya sebagai berikut :
1. Buka MS Word Anda.
2. Dari menu Tools, pilih Customize.
3. Pindah ke tab Commands.
4. Pada bagian Categories, gantilah menjadi All Command.
5. Pada bagian Commands, carilah AutoScroll.
6. Drag (geserlah) AutoScroll tersebut ke arah toolbar.
7. Klik Close.
Sekarang untuk melakukan scrolling, klik pada AutoScroll yang baru saja kita buat pada toolbar. Perhatikan pada bagian kanan, akan muncul AutoScroll. Anda bisa menggeser cursor tersebut ke atas atau ke bawah. Semakin ke atas atau semakin ke bawah, penggulungan akan semakin cepat.

Mencetak MS Word dalam urutan terbalik
Anda sering menncetak suatu dokumen Word dan Anda harus selalu membalik urutan halaman ? Hal ini tentu terasa membosankan. Sebenarnya Anda bisa mencetak dokumen Word dengan uratan terbalik (dari nomor halaman besar ke kecil) sehingga Anda tidak perlu harus membalik urutannya. Caranya dari menu Tools/Option/Print tandai Reverse Print Order lalu klik OK.
Shortcut pada MS Word
Keys Fungsi
Ctrl + } Memperbesar ukuran huruf
Ctrl + { Mengecilkan ukuran huruf
Ctrl + + Membuat subscript
Shift + Ctrl + + Membuat super script
Ctrl + L Membuat rata kiri (Left)
Ctrl + R Membuat rata kanan (Right)
Ctrl + C Membuat rata tengah (Center)
Ctrl + J Membuat rata kanan kiri (Justify)
Ctrl + K Memasukkan hyperlink
Shift + Ctrl + A Membuat teks uppercase (kapital semua)
Ctrl + F4 Menutup dokumen yang terbuka
F12 File - Save As
Ctrl + F2 File - Print Preview
Shift + F3 Change case
Ctrl + Shift + F Mengganti font

Melompat Maju Mundur di word

Jika anda perlu melompat dari satu kata ke yang berikut di document, ada cara yang jauh lebih cepat daripada menggulung atau mengklik mouse. Tekan CTRL dan tekan tanda panah kekanan untuk melompat kekata berikutnya dan tanda panah kekiri untuk kekata sebelumnya.
Dengan cara serupa, anda dapat memakai keyboard untuk melompat dari satu paragraph ke yang selanjutnya. Tekan CTRL dan tekan panah ke atas untuk melompat ke awal paragraph atau tekan CTRL dan tekan tanda panah ke bawah untuk memindahkan kursor ke awal paragraph sebelumnya.

Penggaris di Word

Jika anda ingin sedikit memperluas ruang untuk teks dijendela word, anda dapat menonaktifkan penggaris. Namun, bagaimana jika suatu saat anda membutuhkan penggaris itu..?? Yang perlu anda lakukan adalah menggerakkan mouse ke area dimana penggaris itu biasa muncul sampai kursor berubah menjadi tanda panah. Tunggu sedetik, dan penggaris itu akan muncul.
Untuk menonaktifkan penggaris, pilih View*Ruler. Ini perintah bolak-balik, jadi anda dapat mengaktifkan peng garis itu dengan cara yang sama.

Memisahkan Sel ditabel

Anda telah membuat table dengan dua sel kedocument word. Kemudian anda melihat table yang anda buat masih kurang 1 atau 2 sel. Haruskah anda mengulang pembuatan sel..??
Tidak kan…, yang perlu anda lakukan adalah mengklik dalam table yang ingin anda pisah menjadi 2 sel dan memilih table*split cells. Pada kotak dialog split cells yang terbuka, pilih 2 sebagai angka kolom dan klik ok.

Tips Microsoft office word

Microsoft Office, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jika Anda sering menggunakan software dari Microsoft yakni Microsoft Word, tentunya terdapat tombol-tombol cara cepat untuk mengeksekusi perintah. Tombol-tombol pintas tersebut dapat membantu user agar tidak perlu membuang banyak waktu untuk misalnya meng-copy tulisan atau membuka file dokumen yang diinginkan, dan lain-lain. Berikut tombol-tombol cepat yang diambil dari aplikasi Microsoft Word 2003, jadi untuk Anda yang menggunakan Microsoft Word di bawah Word 2003 atau Word 2007, mungkin ada beberapa tombol shortcut yang tidak sesuai penggunaannya. Namun, Anda tidak perlu kecewa, karena sebagian besar dari tombol cepat ini berlaku di semua versi Microsot Word.


1. Berhubungan dengan Dokumen

•CTRL+N : Membuat dokumen baru
•CTRL+O : Membuka dokumen
•CTRL+S : Menyimpan dokumen yang sedang dibuka/diedit
•CTRL+W : Menutup dokumen. Jika dokumen belum disimpan, akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah dokumen ingin disimpan atau tidak.
•CTRL+ALT+S : Membagi (split) jendela dokumen menjadi dua bagian. Setelah mengetik CTRL+ALT+ S, klik pada posisi yang diinginkan
•SHIFT+ALT+C : Menutup kembali jendela dokumen yang telah dibagi dua bagian / displit (CTRL+ALT+ S)
•CTRL+ALT+P : Mengubah tampilan dokumen menjadi tampilan Print Layout. Lihat menu View
•CTRL+ALT+O : Mengubah tampilan dokumen menjadi tampilan outline. Lihat menu View
•CTRL+ALT+N : Mengubah tampilan dokumen menjadi tampilan Normal. Lihat menu View
•ALT+R : Mengubah tampilan dokumen menjadi tampilan Reading. Lihat menu View
2. Berhubungan dengan Pencarian Dokumen

•CTRL+F : Mencari teks atau objek spesial lainnya dalam dokumen
•ALT+CTRL+Y : Melanjutkan pencarian CTRL+F setelah kotak dialog pencarian ditutup
•CTRL+H : Mencari teks tertentu di dalam dokumen kemudian menimpanya/menggantinya dengan teks lain
•CTRL+G : Cara singkat untuk menuju ke suatu halaman, bookmark, footnote, tabel, komentar (comment), gambar,atau ke lokasi tertentu lainnya.
•ALT+CTRL+Z : Pindah ke dokumen lain, atau ke bagian lain dalam dokumen, atau antar dokumen dengan email yang diedit di MS Word.
•Tombol arah/panah (← ↑ → ↓) : Menggerakkan kursor sesuai arah tanda panah
•PAGE UP atau PAGE DOWN : Pindah ke atas batas atau ke bawah batas halaman yang ditampilkan di monitor
•ALT+CTRL+PAGE UP : Pindah ke awal tampilan di monitor
•ALT+CTRL+PAGE DOWN : Pindah ke akhir tampilan di monitor
•CTRL+HOME : Pindah ke awal dokumen
•CTRL+END : Pindah ke akhir dokumen
•HOME : Pindah ke awal baris
•END : Pindah ke akhir baris
1. Berhubungan dengan proses mencetak dokumen
•CTRL+P : Cetak dokumen (membuka kotak dialog Print)
•ALT+CTRL+I atau CTRL+F2 : Pindah ke tampilan print preview atau sebaliknya ke tampilan standar
•Tombol arah / panah (← ↑ → ↓) : Pindah ke halaman tertentu sesuai arah panah dalam tampilan print preview
•PAGE UP atau PAGE DOWN : Pindah ke halaman sebelumnya atau sesudahnya dalam tampilan print preview
•CTRL+HOME : Pindah ke halaman pertama dalam tampilan print preview
•CTRL+END : Pindah ke halaman terakhir dalam tampilan print preview
2. Berhubungan dengan proses edit dokumen

•ALT+CTRL+F : Menambah footnote
•ALT+CTRL+D : Menambah endnote
•BACKSPACE : Menghapus satu karakter ke kiri
•CTRL+BACKSPACE : Menghapus satu kata ke kiri
•DELETE : Menghapus satu karakter ke kanan
•CTRL+DELETE : Menghapus satu kata ke kanan
•CTRL+X : Cut : Mengambil teks/gambar
•CTRL+C : Copy: menduplikat teks/gambar
•CTRL+C, C : Memunculkan daftar teks yang telah di-copy atau di-cut
•F2 : Memindahkan teks atau gambar, dengan memilih dulu teks yg akan dipindahkan, lalu tekan F2, lalu klik pada posisi dimana teks tersebut akan dipindahkan, lalu tekan ENTER
•CTRL+V : Paste: menyisipkan teks/gambar yang telah di-cut atau di-copy.
3. Berhubungan dengan inserting symbol

•CTRL+F9 : Membuat sebuah field
•SHIFT+ENTER : Membuat baris baru
•CTRL+ENTER : Membuat halaman baru
•CTRL+SHIFT+ENTER : Membuat bagian dokumen baru. Bagian yang baru ini bukan lanjutan dari halaman sebelumnya, jadi nomor halamannya bisa dimulai dari yang baru, CTRL+SHIFT+SPACEBAR : Membuat spasi yang tidak bisa dipisahkan. Maksudnya seolah-olah dua kata yang berada di antara spasi tersebut tetap berada dalam satu baris
•ALT+CTRL+C : Simbol Copyright ( © )
•ALT+CTRL+R : Simbol Registered Trademark ( ® )
•ALT+CTRL+T : Simbol Trademark ( ™ )
•“kode simbol”, ALT+X : Memasukkan simbol tertentu, dengan menulis dulu kode simbolnya, lalu tekan ALT+X. Daftar simbol dan kodenya dapat anda lihat pada menu “Insert”, “Symbol…”, lalu pilih tab Symbol. Contoh : untuk menulis simbol ∑ , ketik 2211 lalu tekan ALT+X. Kode simbol berupa kode Unicode (Hexadesimal).
•ALT+”kode simbol” : Memasukkan simbol tertentu sesuai dengan kode simbolnya (desimal ANSI). Kode simbolnya berupa angka-angka yang harus diketikkan melalui Keypad Numeric.